Admin, Kamis 27 Oktober 2022
Admin – Kamis, 27 Oktober 2022
Memasuki akhir 2022, pabrikan mulai melaporkan hasil penjualan mereka. Salah satunya Honda yang mengumumkan hasil September lalu sebanyak 12.977 unit. Ini melanjutkan tren peningkatan penjualan yang dirasakan sejak semester kedua.
Capaian ini juga menjadi catatan tersendiri bagi Honda. Catat rekor sebagai penjualan bulanan tertinggi pasca pandemi di Indonesia yang telah berlangsung tiga tahun. Pada awal 2020, dampak pandemi terhadap penjualan Honda terlihat akibat pembatasan aktivitas masyarakat dan pasokan komponen untuk produksi. Penjualan kendaraan Honda makin meningkat pada 2021 dan 2022. Meski kendala kelangkaan komponen masih membatasi pasokan produk untuk memenuhi permintaan konsumen yang kembali meningkat.
“Meskipun belum sepenuhnya kembali ke level saat sebelum pandemi, penjualan Honda saat ini telah menunjukkan tren pertumbuhan yang sangat baik karena didukung penyegaran produk-produk kami dan aktivitas masyarakat yang mulai kembali meningkat. Meski demikian, dampak pandemi saat ini masih cukup terasa terutama dari sisi pasokan komponen yang menyebabkan tingkat produksi masih belum stabil. Kami akan terus memonitor kondisi pasokan komponen dan berusaha semaksimal mungkin untuk dapat secepatnya memenuhi permintaan konsumen,” ucap Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor (HPM) dalam keterangannya, Selasa (18/10).
Perhitungan total penjualan retail Honda hingga September 2022 tercatat 88.393 unit. Hasil ini meningkat 29 persen dibandingkan periode sama 2021 lalu. Beberapa model andalan antara lain Honda Brio, All New BR-V, serta All New HR-V menjadi penyumbang terbesar bulan lalu.
Honda Brio Satya misalnya, terjual 4.950 unit. Sementara Honda Brio RS 1059 unit. Secara total Honda Brio sudah berhasil terjual 41.778 unit dari Januari sampai September. Capaian ini meningkat dari perolehan Agustus sebesar 4.152 unit untuk Brio Satya maupun Brio.
Berlanjut ke All New Honda HR-V yang mencatatkan penjualan sebesar 3.003 unit dan menjadi catatan penjualan retailnya yang tertinggi untuk tahun ini. Sejak awal 2022 sampai September, HR-V sudah terjual sebanyak 16.745 unit. Catatan ini juga meningkat dari hasil Agustus 2022 sebanyak 2.899 unit.
Model lainnya, All New Honda BR-V mencatat penjualan retail bulanan tertinggi dengan angka 2.538 unit. Sejak pengiriman Januari 2022 lalu hingga September, BR-V terbaru sudah terjual sebanyak 16.915 unit. Hasil ini meningkat dibandingkan Agustus lalu yakni 2.534 unit sekaligus mengalahkan capaian tertinggi sebelumnya.
City Hatchback RS terjual sebanyak 615 unit. Hasil ini turun sedikit dari Agustus 2022 dengan total 620 unit. Model CR-V terjual sebanyak 600 unit, meningkat sedikit dibanding Agustus sebelumnya 591 unit.
Honda Civic RS terjual sebanyak 70 unit. Meningkat pesat dibanding Agustus sebelumnya yang hanya 16 unit. Model New Mobilio terjual sebanyak 61 unit, turun dari catatan Agustus di angka 98 unit. All New Honda City pada September terjual 57 unit, turun tipis dari catatan Agustus yang terjual 63 unit. Sedan Accord terjual 24 unit di September, meningkat dari catatan Agustus yang terjual 10 unit.
Program Khusus City Hatchback RS MT
Honda memberikan program khusus bagi calon konsumen City Hatchback RS transmisi manual. Varian yang ditawarkan dengan harga Rp333,6 juta ini mendapatkan program Sporty DNA Package. Calon konsumen akan mendapatkan tambahan reward senilai Rp10 juta. Selain itu ada juga tambahan bonus genuine part accesories berupa front under spoiler, side under spoiler, rear under spoiler, tailgate spoiler garnish dan door visors.
Program ini harapannya dapat meningkatkan ketertarikan pada varian transmisi manual. Berdasarkan catatan wholesale, City Hatchback RS manual hanya terdistribusi 114 unit dan mayoritas konsumen memilih varian CVT dengan banderol Rp343,6 juta dan Rp362,6 juta untuk versi Honda Sensing.
Selain itu, Honda memberikan program “Share Your Redefined Experience” untuk periode Oktober hingga Desember. Konsumen berkesempatan mendapat Special Leasing program 0 persen untuk 1 tahun, fleet sales package value hingga Rp10 juta, daily reward Rp5 juta, weekly reward Rp5 juta, monthly reward Rp5 juta dan gratis biaya perawatan berkala termasuk jasa dan suku cadang sampai dengan 50.000 kilometer/4 tahun.